Teknik Perunut di Bidang Pertanian

Teknik Perunut di Bidang Pertanian

Dalam bidang pertanian, teknik perunut digunakan antara lain untuk mempelajari hubungan tanah dan tanaman, baik dengan metoda langsung maupun tidak langsung

Selengkapnya...
Reaktor dan Klasifikasinya

Reaktor dan Klasifikasinya

Reaktor nuklir adalah suatu alat untuk mengendalikan reaksi fisi berantai dan sekaligus menjaga kesinambungan reaksi itu

Selengkapnya...
Batang Kendali Pada Reaktor

Batang Kendali Pada Reaktor

Batang kendali berfungsi sebagai pengendali jalannya operasi reaktor agar laju pembelahan/populasi neutron di dalam teras reaktor

Selengkapnya...
Radiasi Ada Dimana-mana

Radiasi Ada Dimana-mana

Disadari atau tidak, ternyara di sekitar kita banyak sekali radiasi. Radiasi ada dimana-mana, di rumah, di kantor, di pasar, di lapangan, maupun di tempat-tempat umum

Selengkapnya...
Asal sumber radiasi alam

Asal sumber radiasi alam

Setiap manusia terkena radiasi dari alam (radiasi latar belakang) yang merupakan bagian terbesar yang diterima oleh manusia yang tidak bekerja di tempat yang menggunakan radioaktif

Selengkapnya...

Batan.go.id - Selama dekade 2000an, marak industri pertambangan global yang meningkat dan tersebar secara cepat, di banyak negara. Dana investasi yang dikeluarkan perusahaan-perusahaan tidak sedikit, dalam usahanya untuk meningkatkan produksi dan memenuhi pertumbuhan ekonomi global terhadap sumber daya alam. Saat ini, dengan harga komoditas yang lebih rendah, penurunan kualitas bijih serta mahalnya biaya produksi, menjadikan bisnis pertambangan ini terbuka terhadap adanya ide pengoperasian yang lebih efisien dan produktif.

Teknik gauging dengan radiotracer dan nukleonik adalah salah satu teknik yang memungkinkan industri pertambangan meningkatkan produktivitasnya secara efisien. Kalangan industri menyadari masalah ini. Tantangan terbesar yang dihadapi industri pertambangan adalah masalah ketersediaan air yang semakin menyusut, energi yang semakin mahal, dan klasifikasi bijih tambang yang semakin rendah.

Riset Batan ikut termasuk soal radiografi industri untuk pengujian material hingga logam tanah jarang yang digunakan oleh banyak industri di dunia.

Penggunaan energi nuklir sebenarnya telah masuk ke berbagai bidang industri. Jadi tidak hanya untuk masalah energi saja seperti pembangkit tenaga listrik. Batan dengan berbagai litbangyasa yang dimilikinya telah banyak melayani permintaan dunia industri di tanah air seperti yang dicontohkan dalam uraian berikut.

RADIOGRAFI INDUSTRI
aplikasi teknik nuklir khususnya sinar gamma di dunia industri antara lain untuk keperluan non destructive testing atau uji tak rusak bagi obyek ter tentu. Penger tian uji tak rusak di sini yaitu metode pengujian atau pemeriksaan terhadap bahan-bahan atau material-material produk industri dengan tidak menimbulkan kerusakan bagi material yang diperiksa tersebut.

Teknik uji tak rusak sudah mapan, terstandardisasi dan mendunia. Manfaat uji tak rusak yaitu untuk menjamin kepastian mutu, kehandalan komponen, dan keselamatan operasi instalasi di seluruh sektor industri.

Sinar gamma memiliki karakteristik antara lain mampu menembus benda atau material ter tentu. karena itu dapat dipakai melihat dan mengecek sistem beton ber tulang pada gedung dan bangunan lainnya, memindai komponen mesin industri, pengelasan dan lainnya.

Selain dapat menembus material, tingkat keselamatan dalam penggunaan sinar gamma terhadap manusia juga dapat diatur. Radiasi diatur sekecil mungkin yaitu di bawah batas ambang.

Selain itu digunakan metode radiografi dengan sinar X. Misalnya untuk memeriksa material non logam seper ti kayu, plastik, aluminium dan lainnya. aplikasinya juga dapat untuk memeriksa komponen pesawat terbang, reaktor nuklir dan lainnya.

Selain radiografi, masih ada teknik uji tak rusak lainnya seper ti tes ultrasonik, tes magnetik, tes penetrasi, tes kebocoran, tes emisi akustik dan lainnya. Masing-masing saling melengkapi satu sama lain.

BATAN memiliki peralatan radiografi neutron untuk meneliti dan menguji bahan dengan memanfaatkan berkas neutron yang dihasilkan oleh reaktor riset. awalnya peralatan tersebut memakai film untuk merekam gambar. Dalam perkembangannya berganti dengan tomografi neutron yangmemakai kamera sebagai pengganti film sehingga hasilnya lebih presisi.

"Sinar gamma dapat dipakai mengecek sistem beton bertulang pada gedung atau memindai komponen mesin industri."

"Tersedia peralatan radiografi neutron untuk meneliti bahan dengan memanfaatkan berkas neutron."

Kemampuan radiasi untuk melihat ke belakang layar ternyata berguna dalam industri dan sistem keselamatan

Tidak ada peraturan yang tidak mempunyai kekecualian. Pada bab V dinyatakan bahwa materi yang teriradiasi tidak menjadi radioaktif. Namun, radiasi neutron adalah pengecualian. Satu partikel neutron yang bergerak ke sana ke mari mungkin menabrak inti zat lainnya dan tetap berada di situ. Pada keadaan ini perbandingan proton/neutron dari inti berubah, dan perbandingan ini lah yang menentukan apakah suatu inti tidak stabil (radioaktif) atau stabil. Untungnya, radiasi neutron yang menyebabkan aktivitas hampir tidak ada dimanapun kecuali didalam sebuah reaktor nuklir yang sedang beroperasi. Aktivitas neutron digunakan dalam teknologi, obat-obatan dan penelitian.