Buku Proteksi Radiasi

Buku Proteksi Radiasi

Buku untuk Negeri

Buku untuk Negeri

Buku Energi

Buku Energi

(Jogjakarta 20/Feb/2018) “Menulis buku itu bisa melatih mengelola emosi, menghilangkan depresi, melatih berkreatifitas berbahasa/berlogika dan memperluas jejaring selain memberikan kepuasan dan presitise”, demikian menurut deputi kelapa BATAN bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir BATAN Hendig Winarno dalam arahan dan sambutan pembukaan sosialisasi BATAN Press di PSTA. Acara dibuka oleh Deputi PTN dihadiri oleh seluruh anggota Dewan Editor, para fungsional, struktural di lingkungan PSTA dan STTN.

Lebih jauh Hendig mengingatkan untuk memanfaatkan BATAN Press menjadi media yang menguntungkan terutama bagi para fungsional dalam mengumpulkan angka kreditnya ataupun dalam menumbuh kembangkan budaya menulis buku. Untuk membuat tulisan bermutu tentu saja mengedepankan etika penulisan dan untuk buku KTI bisa memanfaatkan Google Scholar, SINTA (Science & Teknology Index) untuk menghidari plagiarism juga melihat sitasinya.

Menghadirkan 2 presenter dari Direktur Pelaksana BATAN Press dan juga ketua Dewan Editor yang mengupas tentang kelembagaan, status terkini dan bisnis proses alur penerbitan sebuah buku diharapkan dapat memberikan kejelasan informasi.

Anhar Antariksawan (ketua Dewan Editor) menjelaskan durasi 100 hari kerja dalam proses penerimaan hingga finishing sebuah buku selesai diterbitkan adalah waktu yang cukup ideal. Banyak faktor mempengaruhi kelancaran proses penerbitan sebuah buku bahkan faktor keterlambatan bisa saja datang dari penulis itu sendiri ketika harus menindaklanjuti hasil viewer dari editor atau mitra bestari. Secara gris besar buku KTI itu harus memiliki Pendahuluan, Isi dan Penutup yang merupakan kesimpulan atau rekomendasi. Untuk detil bisnis proses bisa dilihat melalui website BATAN Press.  

Banyak pertanyaan dari STTN dan PSTA diantaranya adalah apakah materi program “Nuclear School” bisa dicetak dan di perbanyak melalui BATAN Press?. Bagi dosen STTN yang diwajibkan membuat buku atau modul untuk bahan ajar apakan kalau sudah menerbitkan buku di BATAN Press masih bisa diupload melalui portal yang telah disediakan oleh STTN?, dan banyak pertanyaan lain terkait bisnis proses suatu buku diterbitkan.   Diskusi hangat ini dipandu moderator Ka. PDK. (ae-pdk)