Buku Proteksi Radiasi

Buku Proteksi Radiasi

Buku untuk Negeri

Buku untuk Negeri

Buku Energi

Buku Energi

(Jakarta, 08/09/17). Memasuki tahun ketiga sejak didirikan, BATAN Press tengah mempersiapkan diri menghadapi akreditasi Komite Nasional Akreditasi Penerbit Ilmiah (KNAPI). Salah satunya dengan sharing informasi bersama penerbit ilmiah yang telah mapan yaitu LIPI Press.

Tahun 2016, BATAN Press telah berhasil menerbitkan tiga buku kategori ilmiah. Dengan masih terbatasnya SDM, salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pengelola BATAN Press salah satunya dengan sharing informasi ini. Menghadirkan Kepala LIPI Press, Rahmi Lestari Helmi sebagai narasumber, sharing informasi dilaksanakan pada hari jumat, 8 September 2017, bertempat di ruang rapat lantai dua, Gedung Perasten, Pusat Diseminasi dan Kemitraan, BATAN.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Diseminasi dan Kemitraan BATAN, Ruslan, selaku Penanggung Jawab BATAN Press, menyatakan bahwa rapat Dewan Editor BATAN Press kali ini merupakan transfer knowledge antara LIPI Press dengan BATAN Press dan hendaknya dapat dijadikan tumpuan dalam meningkatkan kinerja BATAN Press.

Rapat dihadiri oleh Anhar Antariksawan sebagai Ketua Dewan Editor BATAN Press, Prof. Ridwan, Kepala PTBBN-BATAN, Prof. Efrizal, Deputi SATN-BATAN dan Prof. Evvy Kartini sebagai anggota Dewan Editor BATAN Press serta sekretariat BATAN Press.

LIPI Press sebagai salah satu badan penerbit pemerintah, telah memasarkan buku-bukunya ke berbagai toko buku seperti Gramedia.. Beberapa buku terbitan LIPI Press pun telah diterjemahkan kedalam bahasa inggris dan dijual ke beberapa negara seperti Jerman bekerjasama dengan penerbit Springer. LIPI Press telah berstatus PNBP.

Meskipun belum dapat disandingkan secara “appeal to appeal” dengan BATAN Press, namun banyak pembelajaran (feedback) yang dapat diperoleh dari rapat tersebut, yaitu model komunikasi internal antara anggota Dewan Editor dengan Reviewer, rapat internal mingguan, sasaran mutu penerbitan yang berdasarkan pada penetapan kinerja, layanan penerbitan buku secara online serta penerbitan E-book.  

Dengan adanya transfer knowledge tersebut diharapkan BATAN Press dapat meningkatkan kapabilitas dan kualitasnya dalam menerbitkan buku ilmiah dan ilmiah populer nuklir, sehingga dengan demikian BATAN Press mampu turut berperan secara aktif dalam diseminasi hasil penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir. (Astunor)