Buku Proteksi Radiasi

Buku Proteksi Radiasi

Buku untuk Negeri

Buku untuk Negeri

Buku Energi

Buku Energi

BATAN Press (21/11/2016). Ketua Dewan Editor memimpin rapat Dewan Editor BATAN Press yang ketiga di tahun 2016 dengan agenda status improvement editing proses buku-buku yang masuk di BATAN Press. Rapat diawali dengan penyampaian status pengajuan penerbitan buku hingga bulan November 2016 yang berjumlah tujuh judul.

Dalam presentasinya, Anhar juga mengambil beberapa contoh bisnis proses yang dilakukan penerbitan LIPI sebagai referensi dan bahan masukan BATAN Press. Anhar menggaris bawahi bahwa proses penerbitan buku butuh ketelitian, kerjasama dan kesabaran. Lebih ekstra panjang bila dibandingkan dengan penerbitan jurnal, mengingat ketentuan-ketentuan baru seperti izin penggunaan gambar, tabel, ilustrasi, peta, dan lain-lain, yang banyak diambil dari public domain google atau sumber lain.

Penulis perlu diingatkan kembali untuk lebih memperhatikan etika, rambu-rambu penulisan dan mengikuti ketentuan-ketentuan umum BATAN Press. Sebaiknya, kembali ditegaskan dan diingatkan beberapa ketentuan-ketentuan umum seperti Sitasi yang digunakan BATAN Press merujuk sistem Vancouver dengan menggunakan nomor dalam kurung tegak.

Format naskah buku terdiri dari Cover (judul buku, Nama pengarang, logo, penerbit), Preliminary (halaman hak cipta, kata pengantar, daftarisi, tabel, gambar, endosrsment), Isi buku (bab-bab, harus ada pendahuluan dan penutup), dan Postliminary (daftar pustaka, lampiran, glosari, index, biografi penulkis, sinopsis).

Di samping itu, SOP BATAN Press juga harus di-improve sesuai dengan kondisi saat ini dan lebih disesuaikan dengan perkembangan alur dan bisnis proses penerbitan buku yang dijalankan oleh BATAN Press. Untuk memudahkan proses Tracking Changing file buku dalam bentuk Ms Word dan form-form yang diperlukan dalam proses editing bisa dibuatkan dalam templete sehingga dapat diunduh. Ridwan menambahkan bahwa buku yang diusulkan itu harus memiliki koherensi antar bab.

Anggota Dewan Editor terdiri dari Dr. Anhar Riza Antariksawan, Ketua meranggap Anggota, Prof. Dr. Ridwan (Anggota), Prof. Dr. Evi Kartini (Anggota), Prof. Efrizon Umar (Anggota), dan Prof. Eri Hiswara (Anggota). (Ae-Pdk)

Status Buku per November 2016

No. Urut

Pengarang

Judul Buku

Editor

Reviewer

Status

1

Hengky P. Raharjo

(PTNBR)

Kuliah Konversi Energi #1

-

-

Tidak Lolos Screening Awal

2

Budi Setiawan

(PTLR)

PENGELOLAAN LIMBAH RADIOAKTIF #2

Dr. Anhar R. Antariksawan

Ir. Susetyo HP (Tek.Nuk.UGM)

Selesai Review, sdh diperbaiki Penulis, kembali ke BATAN Press tgl 18 Nov 2016, utk pemeriksaan perbaikan

3

Mukhlis  Akhadi

(PTKMR)

NUKLIR UNTUK KEHIDUPAN LEBIH BAIK #3

Prof. Evi Kartini

Prof. Drs. Sunarhadiyoso, M.Sc

Pada rapat DE ke-3 disepakati dikembalikan kpd penulis utk memfokuskan pd aplikasi yg mana yg akan dibahas atau dibuat dlm 2 atau 3 buku berbeda.

Tindak lanjut segera hub Bu Evvy (form blm dikembalikan)

4

Syaefudin (PTKMR)

BIOLOGI RADIASI #4

Prof.Drs.Eri Hiswara

Prof. Dr. Ishak, M.Sc. M.ID

Selesai direview, status buku msh ada di penulis

5

Drs. Dani Gustaman Syarif, M.Eng

(PSTNT)

NANOPARTIKEL DAN NANOFLUIDA PERPINDAHAN PANAS, SINTESIS, KARAKTERISTIK DAN APLIKASI #5

Prof. Ridwan

Dr. Anhar Antariksawan

Selesai direview, status buku msh ada di penulis

6

Iman Kuntoro (PRSG)

KESELAMATAN REAKTOR #6

Prof. Efrizon Umar

Sihana (UGM)

Proses review

7

Ir. Susyadi, M.Sc

(PTKRN)

TEKNOLOGI PLTN UNTUK INDONESIA #7

Dr. Anhar R. Antariksawan

Drs. Ketut Kamajaya, MT

Proses review