Buku Proteksi Radiasi

Buku Proteksi Radiasi

Buku untuk Negeri

Buku untuk Negeri

Buku Energi

Buku Energi

Batan.go.id – Jakarta (30/11/2015) – Sejak 1 Oktober 2015 BATAN Press secara resmi menjadi anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). BATAN Press ini dipandang perlu untuk dibentuk mengingat bahwa kinerja lembaga penelitian sangat ditentukan oleh publikasi ilmiahnya. Dengan demikian sebagai salah satu indikator utama agar produk-produk informasi iptek nuklir tersebut dapat dimanfaatkan dan diseminasikan kepada masyarakat, pengguna, dan pemangku kepentingan lainnya.

Kepala BATAN, Prof. Dr. Djarot Sulistio Wisnubroto dalam sambutannya mengatakan, “Buku-buku penelitian yang ada ini jangan sekedar menjadi koleksi, tapi harus bisa juga menyebar ke masyarakat luas”. Djarot juga menyampaikan bahwa ide untuk mengakomodir atau mengapresiasikan tulisan peneliti BATAN sebenarnya sudah lama diinginkan. Hal ini untuk menjawab tantangan bagi BATAN untuk mampu membuat masyarakat paham tentang apa itu teknologi. “Kita harus mampu mempromosikan tentang teknologi nuklir bahwa nuklir itu berkontribusi banyak dalam kehidupan manusia”, demikian kata Djarot dihadapan sekitar 50 peserta yang hadir.

Kepala Pusat Diseminasi dan Kemitraan BATAN, Ir. Ruslan melaporkan bahwa menurut Peraturan Kepala BATAN nomor 14 tahun 2013, satuan kerja yang dipimpinnya diminta untuk mendirikan semacam publishing house. “Kita menimba ilmu dari LIPI Press, IKAPI, dan lembaga lain yang memiliki penerbit. Akhirnya tanggal 1 Oktober 2015 lalu BATAN Press terdaftar di IKAPI DKI”, demikian jelas Ruslan. Diharapkan pejabat fungsional, peneliti agar dapat memanfaatkan BATAN Press untuk menuangkan hasil penelitiannya dalam bentuk buku.

Pada saat yang sama juga dilaunching dua judul buku yang bersifat ilmiah populer. Buku berwarna hijau tersebut berjudul Buku Pintar Proteksi dan Keselamatan Radiasi Di Rumah Sakit, ditulis oleh Eri Hiswara. Sedangkan satu buku lagi berwarna biru berjudul Energi Dan Penggunaannya ditulis oleh Yaziz Hasan.

Pada kesempatan itu hadir pula Ketua LIPI Press, Rahmi Lestari Helmi, M.Si menyampaikan presentasinya tentang Penerbitan Ilmiah LIPI Press. Berdasar kebijakan mutu penerbitan, LIPI Press memiliki Dewan Editor yang memiliki kewenangan penuh dalam menentukan terbit dan tidaknya sebuah buku. LIPI Press telah mengimplementasikan Buku Pedoman Penerbitan Buku LIPI Press  dan menerapkan kebijakan penerbitan menuju standar internasional untuk Scientific Publishing. Selain itu juga menginisiasi  total solusi layanan penerbitan mulai dari verifikasi naskah sampai book launching dan distribusi pada jaringan internasional. Ini merupakan implementasi  ISO 9001:2008.

Acara launching dan sosialisasi BATAN Press diselanggarakan di Kawasan Nuklir Pasar Jumat. Dihadiri oleh peneliti, pejabat fungsional, mitra bestari, dan anggota dewan editor. Dengan didirikannya BATAN Press ini diharapkan para karyawan peneliti dan fungsional dapat memberikan kontribusi tulisan hasil penelitiannya untuk bisa diketahui masyarakat luas. (biw)