Buku Proteksi Radiasi

Buku Proteksi Radiasi

Buku untuk Negeri

Buku untuk Negeri

Buku Energi

Buku Energi

(Jakarta, 11/4/18), Dengan spirit ingin terus belajar dan memperbaiki kinerja, kru sekertariat BATAN Press bertandang ke saudara seniornya dalam penerbitan KTI yaitu LIPI Press. Maksud kunjungan ini guna melihat dari dekat bagaimana pengelolaan penerbitan dan diskusi mengenai kendala teknis.. Rombongan di terima di Ruang Rapat Besar Kantor LIPI Press dan disambut oleh Pimpinan beserta empat staf editor. Sekertariat BATAN Press diantaranya Direktur Pelaksana, designer, lay-outer dan tatausaha tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dengan diskusi dan sharing.

Prapti Kepala Seksi Penyiapan Bahan dan Produksi LIPI Press mengingatkan bahwa komunikasi baik formal dan informal dengan editor dan penulis harus intens dilakukan untuk kelancaran proses editing. Semua kanal komunikasi baik WAG, email, japri dan disusul dengan komunikasi formal sangat efektif termasuk melakukan pendekatan pesonal. Hal Ini sangat ampuh sebagai pendekatan persuatif dengan para editor maupun mitra bestari.

(Jogjakarta 20/Feb/2018) “Menulis buku itu bisa melatih mengelola emosi, menghilangkan depresi, melatih berkreatifitas berbahasa/berlogika dan memperluas jejaring selain memberikan kepuasan dan presitise”, demikian menurut deputi kelapa BATAN bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir BATAN Hendig Winarno dalam arahan dan sambutan pembukaan sosialisasi BATAN Press di PSTA. Acara dibuka oleh Deputi PTN dihadiri oleh seluruh anggota Dewan Editor, para fungsional, struktural di lingkungan PSTA dan STTN.

Lebih jauh Hendig mengingatkan untuk memanfaatkan BATAN Press menjadi media yang menguntungkan terutama bagi para fungsional dalam mengumpulkan angka kreditnya ataupun dalam menumbuh kembangkan budaya menulis buku. Untuk membuat tulisan bermutu tentu saja mengedepankan etika penulisan dan untuk buku KTI bisa memanfaatkan Google Scholar, SINTA (Science & Teknology Index) untuk menghidari plagiarism juga melihat sitasinya.

Jakarta, 24/1/2018, Sekertariat BATAN Press mendapat kunjungan dari ketua dewan editor. Disela-sela aktivitas lain Anhar Antariksawan ketua dewan editor yang pagi ini akan melakukan rapat koordinasi, menyisihkan waktu mengunjungi sekertariat BATAN Press. Berdiskusi secara informal dengan pelaksana sekertariat, direktur pelaksana BATAN Press terkait progres beberapa buku. Komunikasi yang dilakukan melalui berbagai kanal baik formal atau informal sangat mendukung kinerja BATAN Press.

Menyadari bahwa dalam proses pekerjaan dalam penerbitan (Publishing house) seperti mata rantai saling terkait dari penulis, editor, sekertariat, para mitra bestari atau co editor, bila ada gangguan di satu rantai saja pasti akan mempengaruhi ritmik yang lainnya. Komunikasi lancar akan mendorong jalinan kerja mata rantai. Anhar sebagai ketua dewan editor selalu memberi semangat dan membuka komunikasi demi lancarnya bisnis proses pekerjaan. Terbitnya buku KTI (Karya Tulis Ilmiah) merupakan salah satu elemen PK BATAN. Dilaporkan juga proses pengurusan ISBN ke Perpustakaan Nasional untuk dua judul buku yang telah dilaksanakan hari sebelumnya. (aeni)

Serpong (21/12/2017); Rutin melakukan pertemuan, diskusi dan evaluasi semua proses bisnis yang berjalan di BATAN Press (BP), dewan editor dan sekertariat Batan Press adalah upaya meningkatkan performance BATAN Press. Berlangsung di ruang rapat PRFN Sekertariat dan ketua dewan editor melakukan evaluasi dan terobosan untuk kelancaran penerbitan buku berkualitas.

Dalam 2 tahun berdiri BATAN Press telah menghasikan sekitar 15 buku. Tahun 2017 ini sekertariat BP telah mendapatkan 8 buah ISBN (Internasional Series Book Number) dari pernusnas atas buku yang akan diterbitkan tahun 2017 baik untuk cetakan ataupun yang diterbitkan secara digital.

“Yang penting hasilnya buku itu dibaca oleh semua kalangan, baik buku ilmiah maupun ilmiah populer dan juga komik ilmiah, untuk Buku llmiah harus yang spesifik, tidak boleh salah”, demikian disampaikan Deputi Jasa Ilmiah LIPI Mego Pinandito saat membuka Workshop Pembelajaran Interaktif Penerbitan Ilmiah LIPI Pres, Senin 23 Oktober 2017 di Gedung Balai Kartini. Kegiatan workshop rangkaian dari kegiatan Indonesia Science Expo 2017 yang diselenggarakan oleh LIPI.