Buku Proteksi Radiasi

Buku Proteksi Radiasi

Buku untuk Negeri

Buku untuk Negeri

Buku Energi

Buku Energi

Jakarta, 24/1/2018, Sekertariat BATAN Press mendapat kunjungan dari ketua dewan editor. Disela-sela aktivitas lain Anhar Antariksawan ketua dewan editor yang pagi ini akan melakukan rapat koordinasi, menyisihkan waktu mengunjungi sekertariat BATAN Press. Berdiskusi secara informal dengan pelaksana sekertariat, direktur pelaksana BATAN Press terkait progres beberapa buku. Komunikasi yang dilakukan melalui berbagai kanal baik formal atau informal sangat mendukung kinerja BATAN Press.

Menyadari bahwa dalam proses pekerjaan dalam penerbitan (Publishing house) seperti mata rantai saling terkait dari penulis, editor, sekertariat, para mitra bestari atau co editor, bila ada gangguan di satu rantai saja pasti akan mempengaruhi ritmik yang lainnya. Komunikasi lancar akan mendorong jalinan kerja mata rantai. Anhar sebagai ketua dewan editor selalu memberi semangat dan membuka komunikasi demi lancarnya bisnis proses pekerjaan. Terbitnya buku KTI (Karya Tulis Ilmiah) merupakan salah satu elemen PK BATAN. Dilaporkan juga proses pengurusan ISBN ke Perpustakaan Nasional untuk dua judul buku yang telah dilaksanakan hari sebelumnya. (aeni)

Serpong (21/12/2017); Rutin melakukan pertemuan, diskusi dan evaluasi semua proses bisnis yang berjalan di BATAN Press (BP), dewan editor dan sekertariat Batan Press adalah upaya meningkatkan performance BATAN Press. Berlangsung di ruang rapat PRFN Sekertariat dan ketua dewan editor melakukan evaluasi dan terobosan untuk kelancaran penerbitan buku berkualitas.

Dalam 2 tahun berdiri BATAN Press telah menghasikan sekitar 15 buku. Tahun 2017 ini sekertariat BP telah mendapatkan 8 buah ISBN (Internasional Series Book Number) dari pernusnas atas buku yang akan diterbitkan tahun 2017 baik untuk cetakan ataupun yang diterbitkan secara digital.

“Yang penting hasilnya buku itu dibaca oleh semua kalangan, baik buku ilmiah maupun ilmiah populer dan juga komik ilmiah, untuk Buku llmiah harus yang spesifik, tidak boleh salah”, demikian disampaikan Deputi Jasa Ilmiah LIPI Mego Pinandito saat membuka Workshop Pembelajaran Interaktif Penerbitan Ilmiah LIPI Pres, Senin 23 Oktober 2017 di Gedung Balai Kartini. Kegiatan workshop rangkaian dari kegiatan Indonesia Science Expo 2017 yang diselenggarakan oleh LIPI.

(Jakarta, 08/09/17). Memasuki tahun ketiga sejak didirikan, BATAN Press tengah mempersiapkan diri menghadapi akreditasi Komite Nasional Akreditasi Penerbit Ilmiah (KNAPI). Salah satunya dengan sharing informasi bersama penerbit ilmiah yang telah mapan yaitu LIPI Press.

Tahun 2016, BATAN Press telah berhasil menerbitkan tiga buku kategori ilmiah. Dengan masih terbatasnya SDM, salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pengelola BATAN Press salah satunya dengan sharing informasi ini. Menghadirkan Kepala LIPI Press, Rahmi Lestari Helmi sebagai narasumber, sharing informasi dilaksanakan pada hari jumat, 8 September 2017, bertempat di ruang rapat lantai dua, Gedung Perasten, Pusat Diseminasi dan Kemitraan, BATAN.

BATAN Press (21/11/2016). Ketua Dewan Editor memimpin rapat Dewan Editor BATAN Press yang ketiga di tahun 2016 dengan agenda status improvement editing proses buku-buku yang masuk di BATAN Press. Rapat diawali dengan penyampaian status pengajuan penerbitan buku hingga bulan November 2016 yang berjumlah tujuh judul.

Dalam presentasinya, Anhar juga mengambil beberapa contoh bisnis proses yang dilakukan penerbitan LIPI sebagai referensi dan bahan masukan BATAN Press. Anhar menggaris bawahi bahwa proses penerbitan buku butuh ketelitian, kerjasama dan kesabaran. Lebih ekstra panjang bila dibandingkan dengan penerbitan jurnal, mengingat ketentuan-ketentuan baru seperti izin penggunaan gambar, tabel, ilustrasi, peta, dan lain-lain, yang banyak diambil dari public domain google atau sumber lain.