k3-ppiksn

Rabu (06/02/2019). Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menggelar peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2019 di BATAN Pasar Jumat.
Dalam peringatan K3 tersebut, para perwakilan dari unit kerja di BATAN mengikuti lomba terkait. Dimulai dari lomba pemadaman api hingga cerdas cermat seputar K3. PLT Kepala BATAN Falconi, mengatakan bila peringatan bulan K3 ini merupakan kegiatan rutin yang digelar tiap tahun.

Targetnya membudayakan K3 dalam setiap akrifitas, sekaligus mendukung program pemerintah mewujudkan kemandirian masyarakat berbudaya K3," jelas Falconi

Salah satunya tujuan dari peringatan K3 ini adalah tanggap kejadian dan juga mengurangi adanya kecelakaan kerja di BATAN.

(Jumat/01/02/2019) Tim K3 – PPIKSN menyelenggarakan kegiatan Plastic Free Day dan Lomba Pemadaman Api dengan Apar/Hydrant, kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dan arahan Kepala PPIKSN dan ditandai dengan Apel Siaga K3 yang diinisiasi oleh Tim K3 PPIKSN, diikuti oleh seluruh pegawai PPIKSN yang terdiri dari Bagian Tata Usaha, Bidang Pengelolaan Jaringan Komputer dan Komunikasi Data (PJKKD), Bidang Sistem Informasi Manajemen Nuklir (SIMN), Bidang Pengelolaan Kawasan Nuklir (PKN), Bidang Pemantauan Dosis Personel dan Lingkungan (PDPL), Unit Jaminan Mutu, Unit Pengamanan Nuklir,.
Plastic Free Day dan lomba pemadaman api dengan teknik menggunakan APAR, dan hydrant. Menitik beratkan pada tujuan penyelanggaraan kegiatan menyambut Bulan Gema Daya K3 dengan tema : “PPIKSN ciptakan pribadi kerja yang sehat dan selamat, bersemangat menuju BATAN yang bermanfaat”.

(Rabu/31/1/2018) Tim K3 – PPIKSN menyelenggarakan rangkaian kegiatan menyambut bulan Gema Daya K3, yaitu apel siaga keselamatan dan kesehatan kerja (K3) PPIKSN dan lomba – lomba ketrampilan pemadaman api dengan teknik menggunakan karung goni, APAR, dan hydrant.

Menitik beratkan pada tujuan penyelanggaraan kegiatan menyambut bulan Gema Daya K3 dengan tema : “PPIKSN ciptakan lingkungan kerja yang sehat dan selamat, bersemangat menuju BATAN yang bermanfaat”, Tim K3 PPIKSN mengajak mitra Pedagang dan Pramu Kantor (OB) untuk saling bekerja sama dan bahu membahu untuk menciptakan kerja yang sehat dan selamat.

Apel Siaga K3 yang diinisiasi oleh Tim K3 PPIKSN, diikuti oleh seluruh pegawai PPIKSN yang terdiri dari Bagian Tata Usaha, Bidang Pengelolaan Jaringan Komputer dan Komunikasi Data (PJKKD), Bidang Sistem Informasi Manajemen Nuklir (SIMN),  Bidang Pengelolaan Kawasan Nuklir (PKN), Bidang Pemantauan Dosis Personel dan Lingkungan (PDPL), Unit Jaminan Mutu, Unit Pengamanan Nuklir, mitra Pedang dan Pramu kantor (OB). Sebagai Inspektur Apel Siaga adalah Kabid. PJJKD, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya acara ini sebagai artefak rasa kepedulian terhadap K3. ”Sesuai tema kita yaitu menciptakan kerja/hidup sehat artinya jangan sampai ada penyakit sehingga kita bekerja dengan nyaman,  selamat artinya jangan ada kecelakaan yang dapat menimbulkan kerugian baik fisik maupun rohani, serta semangat sehingga hasil pekerjaan kita bisa bermanfaat bagi BATAN”, demikian kata Rahkmat (Kepala Bidang PJKKD).


Puji syukur kami ucapkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah kepada kita semua, sehingga web-site Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungan Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (K3-PPIKSN) dapat dipublikasikan.
Web-site ini berisi berbagai macam informasi dan kegiatan K3 di lingkungan PPIKSN, bahaya dan resiko, pengendalian bahaya dan resikonya, penggunaan PPE (APD), manajemen system K3, jadual pemantauan General Check-up, dan informasi lainnya terkait dengan keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan PPIKSN khususnya dan Kawasan Nuklir Serpong pada umumnya.
Kami menyadari bahwa web-site ini masih jauh dari yang terbaik. Oleh karena itu, kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari para pembaca.