PUSAT DISEMINASI DAN KEMITRAAN
LAYANAN KUNJUNGAN
BEBAS BIAYA TANPA SUAP,PUNGLI DAN NO GRATIFIKASI

Dalam melaksanakan tugasnya, PDK memiliki ketersediaan  fasilitas peragaan sains dan teknologi dan pusat informasi iptek nuklir yang memadai sebagai infrastruktur  pendukung penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Fasilitas yang saat ini tersedia adalah:

Kepanjangan dari Peragaan Sains dan Teknologi Nuklir. Di gedung ini dipamerkan semua hasil penelitian BATAN agar manfaatnya juga bisa diketahui dan dirasakan masyarakat. Semua kegiatan dan hasil litbang BATAN disajikan secara visual dalam bentuk foto, diagram, benda peraga, maket instalasi, simulator reaktor, dan contoh2 varietas unggul hasil riset iptek nuklir.

Ruang Peragaan Sains dan Teknologi Nuklir (Perasten) merupakan fasilitas layanan informasi perkembangan teknologi nuklir di Indonesia yang dikemas dengan bahasa populer. Selain itu, juga berisi anjungan alat peraga, poster, produk penelitian, wahana digital dan interaktif, dan laboratorium edukasi nuklir, serta hasil-hasil penelitian yang dicapai.

Ruang Perasten merupakan fasilitas utama pada kegiatan penerimaan kunjungan yang dilaksanakan setiap hari Senin – Kamis untuk segala lapisan masyarakat, terutama siswa dan mahasiswa. Ruangan ini terletak di Lantai Dasar gedung PDK terintegrasi dengan Ruang Audio Visual.

Informasi yang disajikan dalam ruangan inim sebagian besar ditampilkan menggunakan teknologi digital. Sehingga, konten yang ditampilkan mudah dipahami oleh masyarakat dari berbagai kalangan mulai anak-anak hingga kalangana dewasa

Tatacara Kunjungan ke gedung Perasten:

  1. Mengajukan ijin kunjungan, dengan menyebut waktu dan jumlah peserta ke Kepala Pusat Diseminasi dan Kemitraan. Jalan Cinere Raya 49, Jakarta. Telpon (021) 7659401, faks. (021) 75913833. Email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. website www.batan.go.id
  2. Jumlah pengunjung maksimal 100 orang untuk satu kali kunjungan. 
  3. Menggunakan seragam bagi kalangan pelajar
  4. Tidak dipungut biaya kunjungan. Tidak disediakan makan dan minum.
  5. Selama kunjungan didampingi pemandu yang ahli di masing-masing bidang riset nuklir.

Ruang Audio Visual merupakan ruang pertemuan dengan konsep teater yang terletak di Lantai Dasar Gedung PDK. Dengan kapasitas efektif 45 orang. Ruangan ini digunakan sebagai fasilitas penerimaan kunjungan, ruang rapat, dan ruang diskusi multimedia. Ruangan ini dilengkapi fasilitas kedap suara, karpet, dan AC yang bisa digunakan dengan nyaman.

Ruang Audio Visual ini sangat berguna bagi pengunjung dalam rangka pengenalan dan pengetahuan tentang teknologi nuklir dalam bentuk video/film. Visualisasi berupa pemutaran film/video dengan memanfaatkan layar atau screen yang dihubungkan dengan fokus proyektor yang dihubungkan dengan perangkat komputer/laptop.

Ruang Positron difungsikan sebagai ruang pertemuan dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu 100-120 orang. Ruangan ini digunakan sebagai fasilitas penerimaan kunjungan, ruang pertemuan besar, ruang diskusi terfokus, dan ruang serba guna. Terletak di Lantai 3 Gedung PDK, penggunaan ruangan ini dilengkapi dengan fasilitas layar besar, proyektor, pendingin ruangan, dan operator multimedia.

Gedung PDK juga dilengkapi dengan dua buah ruang rapat, yang dapat digunakan untuk diskusi dan rapat-rapat internal maupun eksternal. Terletak di Lantai 1 dan Lantai 4 Gedung PDK serta dilengkapi dengan fokus proyektor dan AC yang sejuk, ruangan dapat menapung peserta rapat sebanyak 10-20 orang.

Selain fasilitas di atas, dalam rangka mendukung kegiatan sosialisasi dan promosi iptek nuklir, PDK juga memiliki fasilitas edukasi berupa Nuclear Corner yang terletak di beberapa lokasi. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mendapatkan informasi tentang iptek nuklir secara jelas tanpa harus berkunjung ke BATAN, namun cukup berkunjung ke salah fasilitas Nuclear Corner yang terdekat dengan tempat tinggalnya.

Lokasi Nuclear Corner yang dapat dikunjungi, diantaranya:

  1. SMAN 2 Pangkalpinang
  2. SMAN 1 Toboali, Bangka Selatan
  3. Kantor KPID Tanjung Pandan, Belitung Timur
  4. Taman Pintar Yogya (sepertinya sudah ga aktif)
  5. Museum Kretek Kudus
  6. SMAN 1 Muntok, Bangka Barat
  7. SMAN 1 Manggar, Belitong Timur
  8. SMAN 1 Bae Kudus
  9. SMAN 7 Kota Surabaya.