Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2019 : 3,59

IKM / September 2020 : 3,58

IPAK 2019 : 13,68

IPAK / Agustus 2020 : 13,71

Jumlah Laporan Pengaduan 2019 : 0

Jumlah Laporan Pengaduan / September 2020 : 4

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

Tema No Pertanyaan  Jawaban
Reaktor Nuklir 1 Apakah reaktor nuklir itu? Reaktor nuklir adalah suatu tempat atau perangkat yang digunakan untuk membuat, mengatur, dan menjaga kesinambungan reaksi nuklir berantai baik reaksi fisi maupun reaksi fusi pada laju yang tetap dengan menggunakan batang kendali sebagai pengatur populasi neutron di teras reaktor.
  2 Apakah teras reaktor itu? Teras reaktor adalah suatu wadah sebagai tempat kedudukan bahan bakar reaktor dengan konfigurasi tertentu, pada teras ini terjadinya reaksi nuklir berantai yang terkendali, hal ini ditandai dengan timbulnya cahaya berwarna biru terang yang disebut efek cherenkov.
  3 Apakah efek cherenkov itu? Efek cherenkov adalah radiasi elektromagnetik yang dihasilkan ketika partikel bermuatan (seperti elektron) melewati medium dielektrik dengan kecepatan yang lebih besar dari kecepatan fase cahaya di medium tersebut. Partikel bermuatan mengutubkan molekul medium tersebut, yang kemudian dengan cepat menjadi  keadaan dasar, dan dalam prosesnya menghasilkan radiasi
Keselamatan reaktor 1 Apakah tindakan yang dilakukan oleh PRSG untuk menjaga keselamatan, mengingat usianya sudah lebih dari 30 tahun?
  • Menerapkan persyaratan parameter sistem keselamatan sesuai LAK dan BKO teraktual
  • Melakukan perawatan/pemeliharaan secara periodic dan revitalisasi SSK terutama yang penting untuk keselamatan
  • Peningkatan kemampuan dan recruitment pegawai untuk kategori petugas IBN yang bebas KKN
  2 Bagaimanakah tindakan yang dilakukan jika terjadi kecelakaan nuklir di reaktor RSG-GAS? Sudah tersedia SOP atau Program kesiapsiagaan dan penanggulangan kedaruratan nuklir, serta LAK terkait. Pemegang izin (PI) tinggal mengaktifkan struktur penanggulangan tersebut sesuai dengan kategori kecelakaan yang terjadi.
  3 Siapakah  yang bertanggungjawab jika terjadi kecelakaan nuklir di reaktor RSG-GAS? PI bertanggung jawab atas kejadian kecelakaan yang ada
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) 1 Jika ada tamu kunjungan, bagian reaktor mana saja diperbolehkan untuk dilihat? Tergantung pada kategori pengunjung, misalnya dari masyarakat umum, mahasiswa, Instansi pemerintah, instansi swasta, professional, dll. Daerah pengendalian berstatus radiasi tinggi dan daerah vital terkait keamanan dan keselamatan tidak diperkenankan untuk dikunjungi kecuali dengan izin riset atau inspeksi badan regulasi
  2 Apakah ada kebijakan mengenai larangan merokok di area kantor/ruangan kerja PRSG? Tidak ada, tetapi di tiap lantai Gedung administrasi telah disediakan area khusus untuk perokok. Sedangkan di ruang atau Gedung tertentu seperti Gedung reaktor, laboratorium, bengkel dipasang label larangan merokok atau poster dampak dari merokok.
Layanan Publik 1 Bagaimana cara untuk melakukan iradiasi neutron dan batu topaz di PRSG BATAN
Syarat Administratif
  • Target yang akan di iradiasi haruslah target yang sudah dianalisa keselamatannya melalui karakteristik dari target tersebut (sesuai LAK), namun jika taget tersebut baru (belum ada di LAK) maka dari pihak PRSG akan melakukan analisis keselamatan terlebih dahulu sebelum target di iradiasi.
  • Pemohon telah memahami aturan yang berlaku dalam kegiatan iradiasi neutron, dan atau aturan iradiasi batu topaz.
  • Membuat akun di aplikasi SiPINTEr, serta mengisi formulir pengajuan yang sudah tersedia secara online.
  • Berkunjung ke PRSG dengan membawa sample yang ingindi iradiasi untuk di periksa secara fisik oleh petugas kami
Syarat Teknis
  • Berkunjung dalam hari kerja / pelayanan hari Senin - Jumat pukul 08:00 - 15:30 (tanggal merah : libur)
  • Diusahakan datang paling lambat H-1 sebelum operasi reaktor
  • Tidak membawa senjata api, senjata tajam, atau benda berbahaya lainnya.
  • Menggunakan pakaian rapih, celana panjang, dan sepatu.
  • Mengikuti SOP kunjungan tamu yang berlaku di kawasan nuklir  serpong (KNS) maupun SOP internal PRSG
       






Visitor Counter

Flag Counter