Menpan
Menpan PRSG
PZI Zona Integritas
Bebas Korupsi
Maklumat PRSG
Teras Reaktor

Maklumat Pelayanan PRSG

IKM 2020 : 3,57

IPAK 2020 : 13,68

Jumlah Laporan Pengaduan 2020 : 0

--------------------------------------------------------------

IKM : Indeks Kepuasan Masyarakat

IPAK: Indeks Presepsi Anti Korupsi

RSG

Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy

Reaktor riset terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu kekayaan milik Indonesia yang memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan readioisotop dan radiofarmaka di dunia khususnya Indonesia. Salah satu pemanfaatan lain yang dapat dihasilkan oleh reaktor ini adalah untuk pewarnaan batu topaz yang biasa dimanfaatkan untuk batu permata, warna andalan yang dihasilkan umumnya adalah swiss blue dan london blue.

RKU

Ruang Kendali Utama PRSG

RKU merupakan tempat untuk mengendalikan pengoperasian reaktor dan sistem pendukung reaktor lainnya. Didalam ruangan ini hasrus selalu dijaga oleh operator dan atau supervisor selama 24 / 7 hari, hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dari sistem reaktor maupun sistem pendukung reaktor. Keselamatan reaktor sangatlah diutamakan bagi kami baik dalam keadaan reaktor sedang beroperasi maupun sedang shutdown. Safety adalah komitmen yang menjadi pondasi kinerja kami, sehingga dapat meyakinkan keselamatan lingkungan tetap bersih dari pencemaran udara, air, dll

Detector

Detektor Paparan Radiasi yang terpasang di dinding reaktor bagian dalam

(Serpong, 19/01/2021) Pandemi global covid 19 pada awal tahun 2021 masih menunjukan kenaikan dan belum ada tanda-tanda berakhirnya pandemi ini, sedangkan program pendidikan khususnya suatu universitas biasanya mewajibkan mahasiswa-mahasiswinya melakukan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) disuatu instansi agar dapat memahami dunia kerja sesuai dengan jurusan masing-masing serta menjadi syarat kelulusan. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) telah meluncurkan suatu program layanan yang diperuntukan kepada Siswa atau Mahasiswa yang membutuhkan layanan PKL dan Penelitian di PRSG BATAN semenjak tahun 2020 kemarin. Semenjak diluncurkan pada tahun 2020, program ini menunjukan antusiasme yang cukup besar dari beberapa perguruan tinggi yang mengizinkan mahasiswa-mahasiswinya melaksanakan PKL di PRSG secara daring. Hal ini di tandai dengan banyaknya perguruan tinggi yang melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) kepada PRSG BATAN terkait layanan Siswa atau Mahasiswa PKL dan penelitian.

(Serpong, 08/01/2021), Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan bagian terpenting dalam jalannya roda pemerintahan di Indonesia dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Keberadaan ASN sangatlah dibutuhkan dalam menjawab segala kebutuhan masyarakat khususnya yang berhubungan dengan birokrasi pemerintahan. Peran ASN jika dilihat daripenjabaran diatassangatlah penting dan strategis, namun juga memiliki potensi-potensi yang memungkinkan terjadinya penyimpangan yang dilaksanakan oleh ASN untuk mengeruk kepentingan baik untuk pribadi maupun golongan. Untuk menghindari hal tersebut, ASN perlu dibekali dengan keilmuan terkait kode etik dalam jajaran birokasi pemerintahan.

(Serpong, 09/12/2020) Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sebagai salah satu unit kerja BATAN yang memiliki tugas pokok dan fungsi dalam melakukan kegiatan pengelolaan dan pengoperasian reaktor RSG-GAS untuk mewujudkan visi dan misi BATAN dalam mendukung program kerja pemerintah, sudah memiliki usia yang cukup berumur yaitu 33 tahun (agustus 2020). Selama menjalankan pengoperasian reaktor tersebut, tentu bukan suatu pengoperasian alat yang biasa saja, melainkan harus menjamin keselamatan baik reaktor itu sendiri maupun lingkungan sekitar agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

(Serpong, 09/12/2020) Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sebagai salah satu unit kerja BATAN yang memiliki pelayanan pengoperasian reaktor RSG-GAS memiliki tugas untuk mewujudkan visi dan misi BATAN dalam mendukung program kerja pemerintah. Memasuki tahun anggaran 2021, PRSG BATAN melakukan kaji ulang manajemen (KUM) tahun 2020 untuk mempersiapkan diri dengan tantangan yang akan dihadapi di tahun 2021 yang akan datang, yaitu dengan menyiapkan sasaran dan target manajemen yang akan ditetapkan sehingga perjalanan organisasai PRSG di tahun 2021 sejalan dengan visi dan misi BATAN serta pemerintah Indonesia.

(Serpong, 04/12/2020) Badan Tenaga Atom Internasional / International Atomic Energy Agency (IAEA) kembali melakukan inspeksi rutin kepada Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG) guna mengkontrol penggunaan bahan nuklir untuk tujuan Non-Proliferasi. Selama empat hari mulai dari (01/12) hingga (04/12) inspeksi dilakukan oleh IAEA dan didampingi oleh BAPETEN. Inspeksi ini merupakan inspeksi rutin namun dengan pemberitahuan mendadak sehingga disebut Short Notice Inspection (SNI). Normalnya Short Notice Inspection diberitahukan 2 jam sebelum kedatangan inspektur, namun mengingat kondisi pandemik saat ini yang harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan, pemberitahuan dilakukan beberapa hari sebelumnya.







Visitor Counter

Flag Counter