pnbp alur
bimbingan1
pkl1
pnbp1

(Serpong, 06/10/2020) Reformasi birokrasi saat ini telah menjadi kebutuhan organisasi untuk membangun Zona Integritas (ZI). Dalam Zona Integritas dibutuhkan komitmen pimpinan dan seluruh pegawai untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan publik dan mencegah korupsi. Dalam rangka pelaksanaan implementasi  Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas, Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) membentuk tim Reformasi Birokrasi – Pembangunan Zona Integritas (RB-PZI) yang terdiri dari seluruh pihak manajemen terkait serta sebagian besar pegawai Gen-X (masa kerja < 10 tahun). Tim akan menyiapkan, merumuskan dan bersama-sama dengan seluruh pegawai melakukan langkah-langkah perubahan untuk mewujudkan PSTBM menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), yang merupakan predikat pengakuan yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PANRB) kepada unit kerja di instansi pemerintah.

Dalam rangka penguatan dan penyamaan persepsi, Tim RB-PZI PSTBM bersama Unit Jaminan Mutu mengadakan sosialisasi RB-PZI pada tanggal 5 – 6 Oktober 2020 dengan narasumber Zulfiandi, A. Md dari Pusat Teknologi Limbah RadioaktiF (PTLR), bertempat di Gedung Prof. Marsongkohadi. Narasumber memiliki pengalaman yang cukup panjang dalam RB-PZI yang telah mengawal PTLR menjadi WBK pada tahun 2017 dan WBBM pada tahun 2018 yang merupakan pusat pertama di BATAN yang memperoleh kedua predikat tersebut.

Pada pembukaan acara, Plt Kepala PSTBM, Dr. Abu Khalid Rivai, M.Eng. menyampaikan pentingnya kita semua di PSTBM memahami betul filosofi, hal-hal mendasar serta langkah-langkah sistematis yang harus dilakukan untuk implementasi RB-PZI ini sehingga sangat tepat agenda ini yang menghadirkan narasumber yang sangat kompeten.   Sosialisasi inj dihadiri secara penuh oleh top manajemen PSTBM, para Koordinator dan Sub Koordinator terkait. Kegiatan ini juga mendapat perhatian dan dukungan dari Inspektorat BATAN, dengan hadirnya  perwakilan yang juga merupakan anggota TPI (Tim Penilai Internal). Dalam agenda ini materi yang disampaikan dan dibahas terkait Reformasi Birokrasi & Pembangunan ZI, Area Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Inovasi, Reform & Penguatan. Dalam agenda ini juga dilakukan diskusi yang interaktif untuk membahas baik pemahaman mendasar, kasus-kasus spesifik serta penyelesaian-penyelesaian permasalahan yang dihadapi. Selain itu juga narasumber menyampaikan langkah-langkah perjuangan panjang di PTLR untuk mencapai predikat dan kondisi WBK dan WBBM. Diharapkan seluruh agenda ini dapat membekali dan memperkuat tekad, pemahaman dan kemampuan  bagi tim dan pihak manajemen dalam menyiapkan dan melakukan langkah-langkah nyata serta sistematis di PSTBM menuju WBK dan WBBM.

Setelah Sosialisasi RB ZI diharapkan seluruh anggota tim semakin paham mengenai reformasi birokrasi dan mempunyai persepsi yang sama untuk membangun Zona Integritas di PSTBM. Selain itu, komitmen dari pimpinan juga salah satu hal yang sangat dibutuhkan dalam Reformasi Birokrasi. Dengan kehadiran para TOP Manajemen PSTBM dalam acara sosialisasi tersebut, diharapkan para pimpinan paham akan pentingnya Reformasi Birokrasi dan memberikan dukungan penuh kepada Tim RB-PZI PSTBM. (FN)