pnbp alur
bimbingan1
pkl1
pnbp1

 Pengujian radiografi neutron terhadap karat pada pipa setelah melalui proses penguapan dengan asam pekat

(Serpong, 05/10/20). Fasilitas Radiografi neuron adalah fasilitas pengujian dan penelitian yang dimiliki oleh Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju. Fasilitas ini dapat mengamati bagian dalam dari suatu objek tanpa merusak sampel yang diuji (non-destructive technique). Fasilitas ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 90-an dan terus digunakan hingga sekarang.

Radiografi neutron memiliki 4 buah teknik pengujian yaitu: Teknik konvensional (metode film), teknik radiografi metode kamera (radiografi digital), teknik tomografi neutron (nCT) dan teknik tomografi dinamis (DNR). Keempat teknik tersebut digunakan tergantung dari fungsi dan kegunaannya. Di antara keempat teknik tersebut, nCT dan DNR yang paling banyak digunakan dalam penelitian dan pengujian, karena kedua teknik memberikan informasi yang lebih informatif daripada teknik konvensional dan radiografi digital.

Pengujian Sampel Blok Mesin Motor 100cc dengan menggunakan nCT BATAN

nCT adalah metode pengujian/penelitian dengan hasil informasi akhir 3D. nCT menggunakan teknik yang sama dengan X-Ray tomografi (xCT) tetapi dengan informasi yang berbeda saat digunakan. xCT sangat baik digunakan untuk sampel-sampel dengan densitas tinggi seperti bahan logam, sedangkan nCT lebih kepada sampel-sampel ringan seperti Boron (B), Hidrogen (H) dan Litium (Li). Akan tetapi, bukan berarti nCT tidak mampu mengamati sampel-sampel logam. Aloy, Besi, Tembaga sangat baik untuk diamati, akan tetapi Alumunium akan tampak transparan bagi neutron.

Selain nCT, metode yang menarik untuk digunakan adalah DNR. DNR dapat mengamati secara langsung bagian dalam suatu sampel. Contoh penggunaannya seperti mengamati aliran fluida pada pipa pada system pendingin elektronik, juga mengamati pergerakan oli pada mesin yang menyala. DNR juga sangat berguna untuk mengamati transportasi air pada porositas batuan.

Selain proses pengujian, BRaNI juga terus melakukan pengembangan baik dari segi hardware, instrument dan software. Oleh karenanya, BRaNI membuka peluang bagi para akademisi dan peneliti untuk bekerja sama untuk mengembangkan dan memanfaatkan fasilitas radiografi neutron ini. (Ozie)