pnbp alur
bimbingan1
pkl1
pnbp1

(Serpong, 23/09/2020) Pandemi Covid-19 tidak menghalangi Tim Nuclear Knowledge Management Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju 2020 (Tim NKM PSTBM 2020) untuk tetap melaksanakan salah satu programnya, yaitu sharing knowledge demi melestarikan dan menyebarluaskan pengetahuan dan wawasan terkait kenukliran yang memang bersifat langka dan berpotensi hilang. Dilakukan secara online melalui platform Zoom, acara ini diberi nama SKO, Sharing Knowledge Online, dan telah dilaksanakan sebanyak 4 kali di internal PSTBM membawakan topik-topik menarik tentang hal-hal terkait ke-PSTBM-an.

SKO perdana dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 22 Juli 2020 dengan edisi pasca riset dan workshop di luar negeri, dimulai pukul 09.00 pagi hingga 11.30 siang. SKO kedua dilaksanakan tepat sepekan setelahnya tanggal 27 Juli 2020 pada hari dan jam yang sama mengangkat topik tentang pengalaman studi S2 di luar negeri. Boleh dibilang SKO kedua ini merupakan SKO spesial Gen-X karena seluruh pembicara merupakan generasi PSTBM dengan masa kerja kurang dari 10 tahun. SKO ketiga dan keempat dilaksanakan mengikuti hari dan jam yang sama dengan SKO perdana dan kedua namun dengan jeda 2 pekan, begitu juga direncanakan untuk SKO-SKO selanjutnya. SKO ketiga dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2020 dengan edisi kepranata-nukliran di PSTBM sedangkan yang keempat terlaksana pada tanggal 26 Agustus 2020 dengan topik mengenal reaktor nuklir dengan menghadirkan pembicara yang sangat kompeten, yaitu Pak Dr. Topan Setiadipura, M.Eng (mewakili Ka.PTKRN) yang menyampaikan materi tentang Reaktor Nuklir Daya Populer di Dunia dan Pak Ir. Yusi Eko Yulianto (Ka.PRSG) yang menyampaikan materi tentang mengenal lebih dekat Reaktor G.A. Siwabessy.

SKO perdana hingga keempat secara berurutan dihadiri oleh 70, 60, 48, dan 60 peserta bukan hanya dari bidang yang berhubungan langsung dengan litbang, bahkan juga dari bidang pendukung seperti Tata Usaha dan Unit Jaminan Mutu. Hal ini menunjukkan bahwa acara SKO mendapat sambutan positif dari staf PSTBM. (MPMA)