Serpong, 17 April 2017, Tim Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan Inspeksi ke Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM).  Tim Bapeten terdiri dari Bapak Zulkarnain Ketua Tim, dangan anggota Tim Yepi Yamani Yosa, Bambang Tri Purnomo dan Deshinta Indirani, diterima oleh Kepala PSTBM Drs. Gunawan, M.Sc.  beserta Ka. BSBM  Dr. Abu Khalid Rivai dan Kabag TU-PSTBM  Aswan Edysyah Putra,  beserta Staf.  Bapeten dan PSTBM melakukan diskusi tentang Kegiatan Litbang Tahun 2016 di PSTBM dan Karya Tulis Staf PSTBM yang terbit 2016.

preview

Serpong, 22 Feb 2017. Sebanyak 2 orang rombongan fellowship dari Malaysia yakni Mr. Vui Chung Wong dari Department of Minerals and Geoscience Malaysia dan Mrs. Khaironie binti Mohamed Takip dari Malaysian Nuclear Agency serta 5 orang peserta dari PTBGN BATAN telah mengunjungi fasilitas laboratorium PSTBM-BATAN.

Dalam penerimaannya Kepala PSTBM menjelaskan bahwa telah banyak dilakukan kerjasama antara PSTBM BATAN dengan berbagai lembaga riset di dalam negeri dan luar negeri, salah satunya adalah dengan lembaga dari Malaysia. Ka. PSTBM juga menyampaikan bahwa PSTBM BATAN terbuka untuk mengadakan kolaborasi dengan lembaga riset di Malaysia ke depan.

Jakarta, 22 Maret 2017, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta V memberikan penghargaan kepada Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) yang diterima langsung oleh Drs. Gunawan, M.Sc  sebagai Satuan Kerja Berprestasi. Sebagai hadiah penghargaan ini, KPPN Jakarta V memberikan Kartu Bebas Antri Pelayanan. Acara ini berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan "Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2016, Strategi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2017 dan Sosialisasi Peraturan Pelaksanaan Anggaran". KPPN Jakarta V mengundang seluruh Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Lingkup KPPN Jakarta V.

Serpong, 15 Maret 2017, Pemagangan Instrumentasi dan Metoda Difraksi Neutron diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) bekerja sama dengan Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM). Tujuan utama dari Pemagangan ini adalah dalam rangka transfer ilmu pengetahuan dan teknologi berkas neutron, khususnya instrumentasi dan metoda difraksi neutron kepada para fungsional peneliti dan pranata nuklir muda di PSTBM. Para fungsional muda inilah yang akan menjadi tulang punggung aktivitas pemanfaatan teknologi berkas neutron untuk karakterisasi bahan di masa yang akan datang. Tujuan lain adalah untuk memperkenalkan teknik dan metoda difraksi neutron kepada para pengguna teknik difraksi neutron baik dari kalangan internal PSTBM maupun dari satker lain. Kegiatan Pemagangan ini merupakan salah satu bentuk preservasi iptek nuklir sebagai bagian dari Nuclear Knowledge Management di BATAN.