pnbp alur
bimbingan1
pkl1
pnbp1

(Serpong, 13/10/2020) Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) memiliki Fasilitas Berkas Neutron untuk pengujian dan penelitian bahan dengan memanfaatkan berkas neutron yang berasal dari Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy (RSG-GAS). Fasilitas ini memiliki delapan peralatan yang terdiri dari tiga spektrometer neutron, tiga difraktrometer, radiografi neutron (BRaNI : BATAN Radiografi Neutron Indonesia), dan analisis aktivasi neutron. Tiga spektrometer tersebut adalah Triple Axis Spectrometer (TAS), Small Angle Neutron Scattering (SANS), dan High Resolution Small Angle Neutron Scattering (HRSANS). Spektrometer neutron dapat digunakan untuk mempelajari dinamika kisi kristal dan mengamati distribusi serta ukuran partikel berskala nano hingga mikrometer. Adapun difraktometer neutron dapat digunakan untuk mengukur tegangan sisa dan mempelajari struktur kristal, tekstur kristal, komposisi fasa serta transisinya di dalam bahan. Tiga difraktometer yang berada di PSTBM adalah Residual Stress Diffractometer (RSD), Four Circle Diffractometer / Texture Diffractometer (FCD/TD), dan High Resolution Powder Diffractometer (HRPD).

(Serpong, 06/10/2020) Reformasi birokrasi saat ini telah menjadi kebutuhan organisasi untuk membangun Zona Integritas (ZI). Dalam Zona Integritas dibutuhkan komitmen pimpinan dan seluruh pegawai untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan publik dan mencegah korupsi. Dalam rangka pelaksanaan implementasi  Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas, Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) membentuk tim Reformasi Birokrasi – Pembangunan Zona Integritas (RB-PZI) yang terdiri dari seluruh pihak manajemen terkait serta sebagian besar pegawai Gen-X (masa kerja < 10 tahun). Tim akan menyiapkan, merumuskan dan bersama-sama dengan seluruh pegawai melakukan langkah-langkah perubahan untuk mewujudkan PSTBM menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), yang merupakan predikat pengakuan yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PANRB) kepada unit kerja di instansi pemerintah.

(Serpong, 09/09/2020) Tim NKM PSTBM kembali mengadakan acara Sharing Knowledge Online (SKO) yang kelima melalui platform Zoom, khusus untuk internal PSTBM. SKO kali ini mengangkat topik tentang pengetahuan umum tentang PSTBM meliputi penyampaian Renstra dan pengenalan fasilitas-fasilitas yang ada di PSTBM. Hal ini bertujuan agar seluruh staf PSTBM dapat mengenal lebih dekat pusat tempat bekerja. 

SKO kali ini begitu istimewa karena diisi oleh para Top Manajemen PSTBM dan dibuka oleh Deputi SATN, Bapak Prof. Dr. Efrizon Umar, MT. Pak Efrizon memaparkan tentang kondisi terkini di kedeputian SATN serta menyambut baik pelaksanaan sharing knowledge yang diadakan di PSTBM. Beliau juga berharap agar PSTBM mengadaan acara semacam ini yang juga dibuka untuk umum. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Abu Khalid Rivai terkait Renstra PSTBM dan peralatan di Bidang Sains Bahan Maju (BSBM). BSBM memiliki banyak peralatan canggih yang mampu mendukung penelitian di bidang bahan maju, mulai dari sintesis hingga karaterisasi yang meliputi berbagai sifat bahan. Kemudian Bapak Dr. Eng. Iwan Sumirat menyampaikan materi terkait Fasilitas Neutron yang ada di Bidang Teknologi Berkas Neutron (BTBN).

 Pengujian radiografi neutron terhadap karat pada pipa setelah melalui proses penguapan dengan asam pekat

(Serpong, 05/10/20). Fasilitas Radiografi neuron adalah fasilitas pengujian dan penelitian yang dimiliki oleh Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju. Fasilitas ini dapat mengamati bagian dalam dari suatu objek tanpa merusak sampel yang diuji (non-destructive technique). Fasilitas ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 90-an dan terus digunakan hingga sekarang.

Radiografi neutron memiliki 4 buah teknik pengujian yaitu: Teknik konvensional (metode film), teknik radiografi metode kamera (radiografi digital), teknik tomografi neutron (nCT) dan teknik tomografi dinamis (DNR). Keempat teknik tersebut digunakan tergantung dari fungsi dan kegunaannya. Di antara keempat teknik tersebut, nCT dan DNR yang paling banyak digunakan dalam penelitian dan pengujian, karena kedua teknik memberikan informasi yang lebih informatif daripada teknik konvensional dan radiografi digital.

(Serpong, 23/09/2020) Pandemi Covid-19 tidak menghalangi Tim Nuclear Knowledge Management Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju 2020 (Tim NKM PSTBM 2020) untuk tetap melaksanakan salah satu programnya, yaitu sharing knowledge demi melestarikan dan menyebarluaskan pengetahuan dan wawasan terkait kenukliran yang memang bersifat langka dan berpotensi hilang. Dilakukan secara online melalui platform Zoom, acara ini diberi nama SKO, Sharing Knowledge Online, dan telah dilaksanakan sebanyak 4 kali di internal PSTBM membawakan topik-topik menarik tentang hal-hal terkait ke-PSTBM-an.