pnbp alur
bimbingan1
pkl1
pnbp1

(Serpong, 03/11/2020) Bidang Teknologi Berkas Neutron (TBN) – Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) menyelenggarakan bincang-bincang interactif dengan pengguna dan calon pengguna peralatan Hamburan neutron. Acara ini sendri dibuka oleh Dr. Ir. Efrizon Umar, MT. selaku Deputi Bidang Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir (SATN) dengan pembicara utama Dr. Abarrul Ikram dan Dr. Eng Iwan Sumirat. Dr. Abarrul berbicara tentang neutron dan manfaatnya, sedangkan Dr. Eng Iwan Sumirat berbicara tentang fasilitas hamburan neutron di Indonesia.

Kemudian pada siang hari, bincang-bincang neutron ini diisi oleh para penanggung jawab peralatan neutron, mulai dari peralatan scattering neutron, peralatan difraksi neutron, peralatan radiografi neutron dan peralatan anktivasi analisis neutron.

Pada talkshow ini dihadiri tidak kurang dari 300 peserta dari seluruh Indonesia dengan scoop wilayah yang luas karena tidak hanya dihadiri oleh akademisi dan praktisi ilmu pengetahuan, tetapi juga dihadiri oleh kalangan masyarakat umum seperti penyuluh desa, perusahaan dan pers.

Poster Pelatihan Karakterisasi Material II PSTBM

(Serpong, 12/10/2020). Pelatihan Karakterisasi Material yang kedua (PKM II) resmi dibuka oleh Plt. Kepala Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju, Bapak Dr. Eng. Abu Khalid Rivai. Dilaksanakan secara daring menggunakan platform Zoom, PKM II ini mengangkat topik terkait komposisi, fasa, dan struktur dari material. Pelatihan hari pertama dimulai dengan penyampaian materi terkait ilmu material dan kandungan bahan serta kaitannya dengan pemanfaatan. Selanjutnya enam peralatan diperkenalkan dan dibahas sampai penutupan pelatihan di hari Jum’at 16 Oktober 2020 meliputi teori dasar, prinsip kerja peralatan, komponen-komponen peralatan dan fungsinya, hingga tata cara penggunaan alat dan data keluaran yang dihasilkan. Enam peralatan tersebut adalah Energy Dispersive X-Ray Analysis (EDX), X-Ray Diffractometer (XRD), High Resolution Powder -neutron- Diffractometer (HRPD), Neutron Activation Analysis (NAA), Fourier Transform Infrared Spectrometer (FTIR), dan Raman Spectrometer.

(Serpong, 14/10/2020) Rabu, 30 September dan 7 Oktober 2020, Acara Sharing Knowledge Online (SKO) ke-6 dan ke-7 kembali dilaksanakan khusus untuk internal PSTBM melalui platform Zoom. Dua SKO ini secara berturut-turut menjadi ajang sharing kegiatan penelitian oleh tim-tim Litbang yang berada di Bidang Sains Bahan Maju (BSBM) dan Bidang Teknologi Berkas Neutron (BTBN). Masing-masing tim memperkenalkan komposisi personil tim, fasilitas / peralatan yang biasa digunakan dalam melakukan sintesis dan karakterisasi material, menyampaikan capaian-capaian dalam periode renstra sebelumnya (2014-2019), serta rencana kegiatan penelitian di periode renstra selanjutnya (2020-2024).

Ada 4 tim Litbang di BSBM yang dikelompokkan berdasarkan topik penelitian yang dilakukan; yaitu terkait baterai Lithium, smart magnet, bahan reaktor nuklir, dan bionanomaterial. Diantara capaian tim Litbang di BSBM adalah prototipe baterai Lithium yang sudah diaplikasikan seperti pada sepeda listrik, cat anti radar yang dimanfaatkan oleh TNI AL, teknologi bionano untuk enkapsulasi obat kanker, dan bahan baja ODS untuk diaplikasikan di reaktor nuklir bertemperatur tinggi.

(Serpong, 13/10/2020) Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) memiliki Fasilitas Berkas Neutron untuk pengujian dan penelitian bahan dengan memanfaatkan berkas neutron yang berasal dari Reaktor Serba Guna G.A. Siwabessy (RSG-GAS). Fasilitas ini memiliki delapan peralatan yang terdiri dari tiga spektrometer neutron, tiga difraktrometer, radiografi neutron (BRaNI : BATAN Radiografi Neutron Indonesia), dan analisis aktivasi neutron. Tiga spektrometer tersebut adalah Triple Axis Spectrometer (TAS), Small Angle Neutron Scattering (SANS), dan High Resolution Small Angle Neutron Scattering (HRSANS). Spektrometer neutron dapat digunakan untuk mempelajari dinamika kisi kristal dan mengamati distribusi serta ukuran partikel berskala nano hingga mikrometer. Adapun difraktometer neutron dapat digunakan untuk mengukur tegangan sisa dan mempelajari struktur kristal, tekstur kristal, komposisi fasa serta transisinya di dalam bahan. Tiga difraktometer yang berada di PSTBM adalah Residual Stress Diffractometer (RSD), Four Circle Diffractometer / Texture Diffractometer (FCD/TD), dan High Resolution Powder Diffractometer (HRPD).

(Serpong, 06/10/2020) Reformasi birokrasi saat ini telah menjadi kebutuhan organisasi untuk membangun Zona Integritas (ZI). Dalam Zona Integritas dibutuhkan komitmen pimpinan dan seluruh pegawai untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan publik dan mencegah korupsi. Dalam rangka pelaksanaan implementasi  Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas, Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) membentuk tim Reformasi Birokrasi – Pembangunan Zona Integritas (RB-PZI) yang terdiri dari seluruh pihak manajemen terkait serta sebagian besar pegawai Gen-X (masa kerja < 10 tahun). Tim akan menyiapkan, merumuskan dan bersama-sama dengan seluruh pegawai melakukan langkah-langkah perubahan untuk mewujudkan PSTBM menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), yang merupakan predikat pengakuan yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PANRB) kepada unit kerja di instansi pemerintah.