Serpong, 23 Mei 2018. Dalam rangka penyiapan masukan untuk penyusunan Rencana Litbang Utama pada Renstra 2020-2024, Kepala Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) Prof. Dr. Ridwan mengumpulkan beberapa doktor muda PSTBM yang sesuai dengan usia dan masa kerjanya akan banyak mengambil peran dalam rentang waktu pelaksanaan Rencana Strategis (Renstra) tersebut. Sebagai peneliti yang telah diberi kesempatan untuk mendapatkan pendidikan tinggi, Kepala PSTBM menantang para doktor  yang hadir untuk berfikir “out of the box” dan berani membuat inovasi-inovasi yang cemerlang dengan mempertimbangkan dengan cermat peluang dan kendala ke depan baik terkait ketersediaan anggaran litbang dari DIPA yang makin terbatas, tuntutan akan hasil-hasil litbang yang makin terukur dan jelas pemanfaatannya untuk masyarakat serta kebijakan-kebijakan strategis pemerintah dalam pengalokasian anggaran dan penetapan program nasional. Para doktor-peneliti PSTBM ini diharapkan mulai mempersiapkan diri untuk mandiri secara anggaran yang tidak hanya bergantung pada suplai anggaran DIPA.

Serpong, 18 Mei 2018, Bertempat di Gedung 43 Pusat Sains Teknologi Bahan Maju (PSTBM) telah diselenggarakan assesmen awal pranata litbang PSTBM oleh Komisi Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) yang berlangsung selama 2 hari, 17-18 Mei 2018.  Dalam sambutannya pada acara pembukaan assesmen, Kepala PSTBM, Prof. Dr. Ridwan menyatakan bahwa akreditasi KNAPPP merupakan salah satu target PSTBM tahun 2018 setelah tahun sebelumnya dinyatakan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI). PSTBM sangat berterima kasih atas kadatangan para assesor KNAPPP yang akan memberikan masukan positif terhadap pelaksanaan sistem manajemen litbang PSTBM. Bapak Budi Priyono sebagai assesor kepala dari KNAPPP mengatakan bahwa apabila terdapat ketidaksesuaian maka tindakan perbaikan yang dilakukan haruslah yang bersifat peningkatan tidak sekedar memperbaiki kesalahan yang lalu.

Bogor, 14 Mei 2018 sampai dengan15 Mei 2018, Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) menyelenggarakan Kegiatan In-House Training Pemahaman SNI ISO/IEC 17025:2017, yang diikuti oleh baik pihak Manajemen, peneliti maupun penyelia fasilitas pengujian yang ada di PSTBM dengan instruktur dari BSN. ISO/IEC 17025:2017 merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari ISO/IEC 17025:2005 yang selama ini telah diterapkan di laboratorium uji PSTBM dan mendapatkan pengakuan dari Komite Standardisasi BATAN (KSB). Pada sambutan pembukaannya Kepala PSTBM sebagai Top Manajemen PSTBM menyampaikan pelatihan ini dilakukan dalam rangka persiapan untuk mendapatkan pengakuan/akreditasi dari KAN. Untuk itu diharapkan segenap peserta yang merupakan pilar-pilar utama pelaksana pengujian di PSTBM dapat memahami inti dari penyempurnaan ini serta menerapkan prinsip-prinsip ISO 17025:2017 dalam menjalankan kegiatan pengujian dan mendukung peran BATAN sebagai clearing house teknologi nuklir (CHTN). Lebih jauh Kepala PSTBM mengingatkan bahwa PSTBM sebagai bagian dari BATAN merupakan instansi yang unik terkait teknik pengujian berbasis nuklir. Untuk itu aturan-aturan serta standar-standar terkait pengujian yang baku dan diakui secara nasional dan internasional harus dipahami dengan baik agar hasil pengujian yang dilakukan PSTBM dapat diakui secara nasional ataupun internasional.

Serpong, 7 Mei 2018 sampai dengan 11 Mei 2018 Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) dibawah pengawasan langsung Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) mengadakan Pelatihan Karakterisasi Material Nuklir Menggunakan Mikroskopi (Optical, Electron, X-Ray dan Atomic Force Microscopy). Tujuan utama pelatihan ini untuk memberikan pengertian kepada peserta tentang teori dasar sekaligus pengetahuan tentang penggunaan praktis dan implementasi alat mikroskop optik, SEM dan AFM dengan dibantu oleh analisa fasa menggunakan difraksi sinar X dalam kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi bahan. Sebagai pengantar kepada teknik mikroskopi elektron untuk penggunaannya dalam teknologi nano dan lapisan tipis yang saat ini menjadi kecenderungan topik di dunia material maju, dalam pelatihan ini akan dibahas pula teknik dan aplikasi TEM. Pada saat yang sama pelatihan ini diharapkan menjadi forum pengenalan tentang alat-alat optik, SEM, XRD dan AFM yang berada di Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju BATAN, di Serpong.

Serpong, 30 April 2018, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) bekerja sama dengan Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju mengadakan Pelatihan Kristalografi dan Refinement Data Difraksi Sinar-X untuk Analisis Fase Mineral Radioaktif/Nano Radioaktif. Tujuan pelatihan yang berlangsung sejak tanggal 30 April 2018 sampai dengan 4 Mei 2018  adalah agar para peneliti khusunya ilmuwan muda yang diharapkan dapat menjadi pioneer pengolahan mineral-mineral yang ada di Tanah Air Indonesia. Pelatihan ini terfokus untuk memberikan peserta mampu menganalisis data XRD menggunakan Teknik Rietveld fasa-fasa mineral baik radioaktif maupun non radioaktif. Prof.Dr. Ridwan selaku Kepala PSTBM berpesan bahwa Kita semua menyadari bahwa menjaga aset penelitian dan pengembangan sangat sulit dengan dana riset yang semakin sedikit. oleh karena itu kita harus bekerja keras dengan topik advanced agar menghasilkan riset maju kedepannya. Pelatihan ini sangat berperan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman karena pelatihan ini merupakan salah satu pelatiahn spesifik yang mengarah ke nuklir Teknologi.