Ensiklopedi Teknologi Nuklir

Home

JENIS DAN MEKANISME RADIASI

 

RINGKASAN

Berdasarkan efek yang terjadi, radiasi dikelompokkan menjadi radiasi pengion dan radiasi non pengion.

Berdasarkan mekanise terjadinya, radiasi dapar berupa radiasi a, b, g, X dan lain-lain, sedang menurut sumbernya, radiasi dapat berupa radiasi alam, radiasi buatan, dan radiasi kosmik.


URAIAN

  1. Definisi Radiasi
  2. Radiasi adalah emisi dan propagasi (perambatan) energi melalui materi atau ruang dalam bentuk gelombang elektromagnetik atau partikel. Berdasarkan sifatnya, radiasi dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu radiasi pengion dan radiasi non pengion. Bila berinteraksi dengan materi, radiasi pengion dapat menyebabkan ionisasi (tertera pada Gambar 1), sedang radiasi non pengion tidak menyebabkan ionisasi.

    Yang termasuk dalam kategori radiasi pengion, yang biasa disebut radiasi adalah gelombang elektromagnetik (sinar g dan sinar-X ), partikel bermuatan listrik (sinar a, b, dan lain-lain), dan partikel tidak bermuatan listrik (neutron, partikel-antara)

  3. Mekanisme terjadinya radiasi
  4. Mekanisme terjadinya radiasi digambarkan pada Gambar 2.

    Inti atom yang memancarkan radiasi adalah inti atom yang bersifat tidak stabil, yang disebut inti radioaktif atau radionuklida. Salah satu contoh radiasi yang dihasilkan dari kulit atom adalah sinar-X.

    Pada reaksi fusi inti deuterium dan reaksi fisi uranium, radiasi yang dihasilkan adalah neutron.

  5. Pengelompokan radiasi berdasarkan sumbernya
  6. Berdasarkan sumbernya, radiasi dikelompokkan menjadi radiasi alam (Tabel 1 dan Gambar 3), radiasi buatan yang dihasilkan dari instalasi nuklir, radiasi fall out (jatuhan) hasil dari percobaan senjata nuklir, radiasi kosmik dari luar angkasa (Gambar 4),dan radiasi hasil interaksi radiasi kosmik dengan inti atom di udara (Tabel 2).

  7. Interaksi radiasi dengan materi
  8. Jika berinteraksi dengan materi, radiasi dapat diteruskan, dihamburkan, atau diserap. Interaksi yang terjadi dapat berupa eksitasi atau ionisasi. 

    Yang termasuk radiasi non pengion, antara lain sinar ultra violet, sinar tampak, sinar infra merah, gelombang mikro (Gambar 5) yang hanya dapat mengakibatkan efek fisika atau kimia (reaksi kimia) pada materi.


TABEL DAN GAMBAR:


Tabel 1. Radionuklida alam
Tabel 2. Radionuklida yang terbentuk oleh radiasi kosmik

Gambar 1. Jenis radiasi pengion
Gambar 2. Mekanisme terjadinya radiasi
Gambar 3. Deret uranium-238 dan thorium-232
Gambar 4. Sinar kosmik
Gambar 5. Jenis gelombang elektromagnetik

 


        Home