Untitled Document
.:::: STANDARDISASI JENIS OUTPUT KEGIATAN BATAN new logo

Kamis, 2 Mei 2013

Dokumen Draft Standardisasi Jenis Output BATAN disusun dalam rangka memberikan suatu pengertian yang sama kepada semua pihak yang berkepentingan terhadap penggunaan istilah baik dalam melakukan kegiatan litbangyasa maupun kegiatan administrasi pendukungnya.

Dokumen Draft Standardisasi Jenis Output BATAN diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam penataan program dan kegiatan menjadi lebih baik dan memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan, antara lain memudahkan dalam menentukan tingkat kesiapan dan mempetakan hasil litbangyasa, untuk melihat potensi dan prospek kegiatan litbangyasa BATAN di masa yang akan datang.

Unduh (download) Draft Standardisasi Jenis Output Kegiatan BATAN disini

 

.:::: Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) - BATAN, 2012 new logo

Kamis, 2 Mei 2013

Pada tahun 2012, BATAN memasuki tahun ketiga dari periode Renstra BATAN 2010 – 2014, BATAN mempunyai tugas melakukan pengembangan iptek nuklir untuk kesejahteraan masyarakat. Tugas ini harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan, kreatif, inovatif, efektif, efisien, dan akuntabel. Sejalan dengan itu, diperlukan komitmen dari seluruh Pimpinan BATAN beserta seluruh jajarannya untuk melaksanakan program dan kegiatan litbang iptek nuklir agar sasaran strategis dan target kinerja yang telah ditetapkan dalam dokumen perencanaan dapat dicapai secara optimal.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kinerja BATAN selama tahun 2012, BATAN menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) sesuai Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang diterbitkan pada tanggal 31 Desember 2010.

Penyusunan LAKIP BATAN tahun 2012 telah didukung dengan sistem pengelolaan data kinerja di lingkungan BATAN yang berbasis web, dengan menggunakan Sistem Informasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SIAKIP), sedangkan pengelolaan keuangan didukung dengan Sistem Akuntansi Instansi (SAI).

Unduh (download) Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) - BATAN, 2012 disini

 

.:::: Laporan Tahunan BATAN 2011

Selasa, 12 Juni 2012

Laporan tahunan 2011 ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban BATAN dalam memberikan informasi terkait hasil pelaksanaan program serta kegiatan selama tahun 2011. Tahun 2011 ini merupakan tahun kedua bagi pelaksanaan rencana strategis (Renstra) BATAN 2010-2014.

Sejalan dengan arah kebijakan pembangunan nasional yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2010-2014, BATAN mendukung program pembangunan melalui program penelitian, pengembangan dan penerapan energi nuklir, isotop dan radiasi serta kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan perubahan lingkungan strategis.

Laporan ini menampilkan realisasi hasil yang telah diperoleh selama kurun waktu Januari sampai dengan Desember tahun 2011, dalam upaya mencapai target jangka menengah yang telah ditetapkan dalam Renstra BATAN 2010-2014.

Unduh (download) Laporan Tahunan BATAN 2011 disini

 

 

.:::: Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) - Biro Perencanaan, 2011

Selasa, 12 Juni 2012

LAKIP Biro Perencanaan ini disusun dalam rangka memenuhi kewajiban sesuai Instruksi Presiden (Inpres) No. 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Dalam rangka mendukung keberhasilan program BATAN, yaitu dukungan manajemen kelembagaan dan pelaksanaan tugas teknis lainnya BATAN, Biro Perencanaan melaksanakan kegiatan Perencanaan Program, Penyusunan Anggaran, dan Evaluasi Program.

Unduh (download) Lakip Biro Perencanaan Tahun 2011 disini

 

 

.:::: Renstra BATAN 2010-2014

Jum'at 5 Februari 2010

KATA PENGANTAR


Rencana Strategis Badan Tenaga Nuklir Nasional (Renstra BATAN) 2010-2014 disusun dalam rangka mewujudkan amanat perubahan ke empat Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat (5) yang berbunyi “Pemerintah memajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk memajukan peradaban serta kesejahteraan umat manusia”, serta Undang-undang No. 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran yang di dalam butir-butir mukadimah pertimbangannya antara lain disebutkan bahwa pemanfaatan dan pengembangan iptek nuklir bagi pembangunan nasional yang berkesinambungan dan berwawasan lingkungan perlu ditingkatkan dan diperluas untuk ikut meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa, serta ditujukan untuk maksud damai.
Sejalan dengan pelaksanaan tugas, fungsi, wewenang dan tanggung jawab dalam penelitian, pengembangan dan penerapan iptek nuklir, BATAN mempunyai visi “Energi Nuklir sebagai Pemercepat Kesejahteraan Bangsa”, dengan 2 (dua) misi yaitu (1) melaksanakan penelitian, pengembangan dan penerapan (litbangrap) energi nuklir, isotop dan radiasi (enisora) dalam mendukung program pembangunan nasional, dan (2) memperkuat sistem manajemen kelembagaan litbang dan kompetensi untuk mendukung kegiatan penelitian, pengembangan dan penerapan energi nuklir, isotop dan radiasi.
Dalam rangka memperkuat peran dan meningkatkan kemampuan iptek nuklir, maka Renstra BATAN 2010-2014 selain disinkronkan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014, juga diarahkan untuk mendukung pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran yang dilaksanakan melalui program penelitian, pengembangan dan penerapan energi nuklir, isotop dan radiasi serta  kegiatan secara bertahap sesuai dengan perubahan lingkungan strategik.
Renstra BATAN 2010-2014 disusun berdasarkan kompetensi bidang iptek nuklir dan komitmen serta landasan yang kuat pada seluruh peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Dokumen Renstra BATAN 2010-2014 ini digunakan sepenuhnya sebagai acuan dalam penyusunan dan pelaksanaan program dan kegiatan BATAN.  

Jakarta,   Januari 2010
Kepala BATAN

Dr. Hudi Hastowo

Unduh (download) Dokumen Renstra BATAN 2010-2014

.:::: Dokumen RPJM 2010 - 2014

Jum'at 29 Januari 2010

BAB I
PENDAHULUAN

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 merupakan tahap kedua dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025 yang ditetapkan melalui Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007. RPJMN 2010-2014 ini selanjutnya menjadi pedoman bagi kementerian/lembaga dalam menyusun Rencana Strategis kementerian/lembaga (Renstra-KL) dan menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah daerah dalam menyusun/menyesuaikan rencana pembangunan daerahnya masing-masing dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan nasional. Untuk pelaksanaan lebih lanjut, RPJMN akan dijabarkan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang akan menjadi pedoman bagi penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN).
Pasal 4 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) mengungkap hal sebagai berikut.
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) merupakan penjabaran dari Visi, Misi, dan Program Presiden yang penyusunannya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), yang memuat strategi pembangunan nasional, kebijakan umum, program kementerian/lembaga dan lintas kementerian/lembaga, kewilayahan dan lintas kewilayahan, serta kerangka ekonomi makro yang mencakup gambaran perekonomian secara menyeluruh termasuk arah kebijakan fiskal dalam rencana kerja yang berupa kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.
Agar dapat memenuhi amanat ini, RPJMN 2010-2014 disusun dalam tiga buku yang merupakan satu kesatuan yang utuh dengan masing-masing memuat hal-hal sebagai berikut:
Buku I        memuat strategi, kebijakan umum, dan kerangka ekonomi makro yang merupakan penjabaran dari Visi, Misi, dan Program Aksi serta sebelas prioritas pembangunan nasional dari Presiden-Wakil Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono dengan visi: Terwujudnya Indonesia Yang Sejahtera, Demokratis, Dan Berkeadilan.
Buku II       memuat rencana pembangunan yang mencakup bidang-bidang kehidupan masyarakat sebagaimana yang tertuang dalam RPJPN 2005—2025 dengan tema: Memperkuat Sinergi Antarbidang Pembangunan” dalam rangka mewujudkan visi pembangunan nasional yang tercantum dalam Buku I.
Buku III     memuat rencana pembangunan kewilayahan yang disusun dengan tema: Memperkuat Sinergi Antara Pusat dan Daerah dan Antardaerah dalam rangka mewujudkan visi pembangunan nasional yang tercantum dalam Buku I.

Selengkapnya unduh (download) :
1. Buku I
2. Buku II
3. Buku III

 

 

 


 

 


 

 

 

 

admin : bp@batan.go.id
Copyright © Biro Perencanaan