Diberitahukan kepada Penyedia Barang/Jasa, Bahwa Seluruh Pengadaan Barang/Jasa dilingkungan BATAN yang dilakukan secara e-proc, dilaksanakan melalui lpse.lipi.go.id atau lpse.kemdiknas.go.id!   |    Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Penelitian Dasar dan Ilmu Pengetahuan Teknologi Nuklir, PSTA - BATAN Yogyakarta, 10 - 11 Juni 2014, info lengkap klik di sini Template download!   |   Seminar Nasional Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan IX gedung Pertemuan PAIR, Jakarta, 19 Juni 2014, info lengkap klik di sini Template download!   |   Seminar Nasional Teknologi Energi Nuklir, Pontianak, 19 Juni 2014, info lengkap klik di sini Template download!
Frequently Asked Question(s) (FAQ)

Ini adalah kolom dimana berisi jawaban terhadap pertanyaan yang umum diajukan ke BATAN.

PERTANYAAN UMUM
SEPUTAR PLTN

Apasih BATAN itu?

BATAN adalah lembaga pemerintah non departemen yang melakukan penilitian dan pengembangan. BATAN berada di bawah Kementrian Negara Riset dan Teknologi, seperti juga BPPT, LIPI, BAPETEN, BSN, BAKOSURTANAL, LAPAN.

Apa yang sudah dikembangkan oleh BATAN?

BATAN mengembangkan teknik nuklir untuk bidang pangan, energi, kesehatan & obat, diseminasi & teknologi informasi bidang nuklir.

Apakah BATAN punya cabang di daerah?

BATAN tidak memiliki kantor cabang, namun BATAN memiliki fasilitas penelitian di berbagai kota. BATAN memiliki fasilitas di Pasar Jum'at, Jakarta Selatan, di Pupiptek Serpong Tangerang, di Bandung (dekat ITB), di Jl. Babarsari, Sleman, Yogyakarta, dan di Ujungwatu, Jepara.

Apakah BATAN sama dengan BAPETEN?

Berdasarkan UU No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, BATAN memiliki tugas penelitian dan pengembangan, penyelidikan umum, eksplorasi dan eksploitasi bahan galian nuklir, produksi bahan baku untuk pembuatan dan produksi bahan bakar nuklir, produksi radioisotop untuk keperluan penelitian dan pengembangan, dan pengelolaan limbah radioaktif. Sementara BAPETEN memiliki tugas pengaturan, perizinan, dan inspeksi. Dengan kata lain, BATAN yang melakukan litbang, BAPETEN yang melakukan pengawasan. Reaktor Nuklir BATAN selalu diinspeksi oleh BAPETEN.

Apakah hubungan antara BATAN dan PLTN?

BATAN, bersama-sama dengan BPPT, Dept. ESDM, PLN dan instansi terkait lainnya serta dengan bantuan IAEA pada tahun 2001-2002, melakukan kajian dan perhitungan tentang layak-tidaknya PLTN dibangun dan dioperasikan di Indonesia pada sekitar tahun 2017.

Apakah BATAN mengembangkan senjata nuklir?

BATAN hanya mengembangkan dan meneliti nuklir untuk maksud-maksud damai, tidak untuk keperluan merusak, persenjataan ataupun kepentingan militer lainnya. BATAN menjadi salah satu penandatangan traktat NPT (Nuclear Non Proliferation Treaty) atau pakta untuk tidak menyebarluaskan senjata nuklir. Traktat itu sendiri mulai dirintis sejak 1 Juli 1968. Dari 180 lebih anggota Badan tenaga Nuklir Internasional (IAEA), hanya 4 negara yang tidak berpartisipasi dalam traktat ini. Negara tersebut adalah India, Israel, Korea Utara dan Pakiskan. BATAN juga tidak melakukan upaya pengkayaan uranium.

Kenapa kita butuh PLTN?

Sesuai Peraturan Presiden RI No. 5 Tahun 2006 tentang Kebijaksanaan Energi Nasional telah menetapkan sasaran terwujudnya bauran energi (energy mix) yang optimal pada tahun 2O25, yaitu peranan masing-masing jenis energi terhadap konsumsi energi nasional. Sasaran yang ditargetkan khususnya untuk biomassa, nuklir, tenaga air, tenaga surya dan tenaga angin menjadi lebih dari 5%. Sesuai dengan Undang-undang No. 17 tahun 2007 tentang RPJPN, pada RPJM ke-3 (2015-2019) mulai dimanfaatkannya tenaga nuklir untuk pembangkitan listrik dengan mempertimbangkan faktor keselamatan yang ketat dan sesuai dengan Undang-undang No. 30 tahun 2007 tentang Energi, bahwa sumber daya energi fosil, panas bumi, hidro skala besar dan sumber energi nuklir dikuasai oleh negara dan dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Setelah Chernobyl, apakah orang kapok membuat PLTN?

Penambahan jumlah PLTN setelah kecelakaan Chernobyl di tahun 1986 hingga tahun 2006 ada 104 buah. Dan sejak 2006, dunia sedang membangun 25 buah PLTN.

JUMLAH PLTN DI DUNIA
Wilayah Beroperasi 2006 Dibangun 2006 Jumlah pada 1996 Jumlah pada 1986
Eropa Barat 135*) 1 150 152
Eropa Timur 22 1 20 16
Amerika 128**) 1 135 120
Afrika 2 0 0 2
Ex Uni Sovyet 48 6 49 50
Asia Selatan 17 10 11 7
Asia Timur 91 0 71 48
JUMLAH 443 25 438 395
*)di-shutdown 38 unit PLTN karena sudah tua, daya kecil. Ada tambahan 21 unit PLTN baru.
**)di-shutdown 8 unit PLTN karena sudah tua, daya kecil. Ada tambahan 26 unit PLTN baru.

Apakah orang Asia mampu mengoperasikan PLTN?

Hingga tahun 2006, di Asia Selatan telah beroperasi 16 PLTN dan di Asia Timur 91 PLTN. Sementara yang sedang dibangun ada 9 PLTN di Asia Selatan dan 6 PLTN di Asia Timur. Sedangkan RRC masih membutuhkan 30 PLTN lagi.

JUMLAH PLTN DI ASIA SELATAN
Wilayah Beroperasi 2006 Dibangun 2006 Jumlah pada 1996
India 14 8 6
Iran 0 1 0
Pakistan 2 0 1
Jumlah 16 9 7

JUMLAH PLTN DI ASIA TIMUR
Wilayah Beroperasi 2006 Dibangun 2006 Jumlah pada 1996 Sasaran
Cina 9 3 0 30
Korsel 20 0 7 -
Jepang 56 1 35 -
Taiwan 6 2 6 -
Jumlah 91 6 48 30

Berapa korban kecelakaan nuklir selama ini?

Selama 64 tahun terakhir terjadi 31 kecelakaan yang merenggut korban 539 orang, 186 diantaranya meninggal. Dalam 18 tahun terakhir ada 14 kecelakaan di Industri Kimia yang merenggut korban 64.652 orang, 4.287 diantaranya meninggal. Khusus di Indonesia dalam 5 tahun terakhir ada 76.866 orang korban kecelakaan lalu lintas, 54.733 diantaranya meninggal (30 orang/hari).

Kenapa PLTN di Eropa Barat & Amerika ada yang ditutup?

Eropa telah menutup 38 buah PLTN dan Amerika 18 buah PLTN karena sudah tua (kira-kira 20 thn) dan daya kecil (di bawah 100 MW).
Perancis: 11 GCR dimatikan, usia di atas 20 tahun, daya 43 MW s/d 500 MW.
Jerbar dan Jertim setelah bergabung kembali: 6 PLTN ditutup dengan daya 13, 15, 17,23 dan 52 MW dan usia 10 thn keatas. Ada yang menarik 1 PLTN daya 1219 MW hanya berusia 13 bulan ditutup, letaknya pada struktur patahan.
Inggris: 10 PLTN ditutup, dengan daya 15, 41, 100, 166 (2), 173 (2) dan 200-230 (3) MW, usia 18-26 tahun.
Eropa Barat lainnya:
Italia: 4 di-shutdown
Swedia: memutuskan untuk menutup ke 12 PLTN-NYA
Swiss: tidak bergeming untuk menutup PLTN, sehingga tetap ada 5 PLTN.

Kenapa Indonesia merencanakan membangun PLTN, sementara Indonesia kaya akan sumber daya alam yang belum maksimal tergali?

Untuk meningkat pasokan daya listrik yang cenderung defisit, sedangkan sumber daya alam jika digali terus akan habis juga, sedangkan uranium cadangannya melimpah dan tak akan habis.

Jika Indonesia membangun PLTN bukankah itu akan lebih menggantungkan diri kepada negara adidaya, karena bahan bakar dipasok dari mereka?

Dalam jangka pendek benar, tetapi jangka panjang kita berupaya bisa menambang uranium dalam skala produksi sendiri.

Penanganan Lumpur Panas Lapindo yang sudah satu tahun terjadi saja kita tidak mampu menangani, bagaimana jika bencana yang lebih besar seperti bocornya PLTN menjadi kenyataan?

Sistem keamana reaktor nuklir itu berlapis-lapis dan menggunakan teknologi tinggi, jadi kemungkinan bocor adalah kecil sekali.

Apa peranan BATAN dalam pembuatan PLTN?

Bisa sebagai pemasok tenaga profesional bidang nuklir.
(Catatan : Semua SDM yang terkait dengan pengelolaan zat radioaktif wajib mengantongi sertifikasi kompetensi dan diawasi oleh BAPETEN, termasuk untuk NDT dan PLTN.)

Apa dasar pemilihan tempat untuk pembangunan PLTN?

Berdasarkan tapak survey baik geologi, sosial budaya dan lain-lain

Bagaimana mengolah limbah radioaktif hasil PLTN tersebut?

Limbah nuklir diolah menggunakan teknologi tinggi dan dikemas dengan aman dan dapat dikirim kembali ke negara pemasok bahan bakar nuklir tersebut.

Bagaimana nuklir dapat menghasilkan listrik?

Nuklir diproses menghasilkan panas yang akan dipakai menggerakkan turbin pembangkit listrik

Bagai manakah desain keamanan dari PLTN?

Desain PLTN berpedoman pada filosofi defense in depth (pertahanan berlapis). Mampu mencegah insiden yang mungkin dapat menjalar menjadi kecelakaan. Mampu mendeteksi dini adanya insiden dan mematikan reaktor secara otomatis. Memiliki sistem keselamatan terpasang yang mencukupi untuk mencegah terjadinya insiden dan untuk menanggulangi konsekuensinya.

Apakah peranan Energi Nuklir dalam pembangkitan Listrik?

Diversifikasi:pasokan energi dalam bentuk listrik Konservasi:penghematan penggunaan sumber daya energi nasional Pelestarian Lingkungan : Mengurangi emisi gas rumah kaca (GHC) secara signifikan

Berapa jumlah PLTN sekarang didunia?

Berdasarkan data 2006, jumlah PLTN yang beroperasi sebanyak 443, dan yang sedang dibangun sebanyak 25 buah

Berapa biaya untuk pengolahan limbah PLTN?

Sekitar 1- 3 persen dari biaya produksi listrik

UAN yang tiap tahun dilaksanakan saja bocor, bagaimana jika itu terjadi pada PLTN?

Kemungkinan kebocoran ada, tetapi sistem keamanan PLTN yang memakai teknologi tinggi dilakukan secara baik dan berlapis-lapis dan kemungkinan bocor akan dapat diminimalisir.

Sudah siapkah bangsa Indonesia memiliki PLTN?

secara garis besar, teknologi dan SDM bangsa Indonesia sudah siap dengan adanya kerjasama di bidang teknologi nuklir dengan bangsa-bangsa lain. nah disinilah peran masyarakat untuk mendukung pembangunan PLTN di Indonesia ini agar hasil yg kita dapatkan dapat dirasakan oleh bangsa Indonesia ini.

Apakah pemerintah sudah memikirkan dampak negatif dari didirikannya PLTN dan cara penyelesaiannya bila terjadi hal-hal yg tidak diinginkan baik secara materi maupun non materi? (jangan sampai seperti kasus Lapindo mereka hanya mendirikan tanpa memikirkan lingkungan sekitar/penanganan yg lambat bagi korban)

Misalkan ada dampak negatif yg merugikan masyarakat, disini sudah di bentuk team penaggulangan bahaya baik untuk di lingkungan PLTN itu sendiri maupun Lingkungan sekitar, dan dengan adanya kasus yg terjadi di Lapindo itu menjadi bahan pembelajaran dalam penanggulangan dampak-dampak negatif/bahaya yg mengancam masyarakat dan diharapkan dengan adanya team yg sudah dibentuk(secara dini), maka masyarakat tidak perlu khawatir.

Apakah pendirian PLTN sangat berguna bagi bangsa Indonesia baik dilihat dari berbagai aspek bidang,jika iya bisakah kekayaan alam kita ini tidak dikuasai orang asing ? (mengingat sebagian besar di kuasai asing seperti emas, batubara, minyak bumi dll)

Jika kita lihat dari segi teknologi itu sangat-sangat berguna kita mempunyai teknologi yg baru dan dapat kita kembangkan serta menjadi suatu trobosan baru bagi SDM bangsa Indonesia. dari segi ekonomi itu sudah sangat jelas, berapa keuntungan yg akan kita dapatkan. dan untuk masalah campur tangan pihak asing, jelas kita harus bekerjasama baik itu materi maupun non materi,tapi kita berusaha jangan sampai SDA kita dikuasai lagi oleh pihak asing yg jelas-jelas sangat merugikan bangsa Indonesia, kita tidak akan mengulang kembali kesalahan-kesalahan yang dulu.

 

Pengunjung: 203
Sejak 8 Oktober 2008

Last Modified : 09 October 2013. 15:08:05 by PPIN BATAN